FASE KELIMA (350 H – 656 H)
MASA KELEMAHAN BANI ABBASIAH
Kekuatan kekuasaan Dinasti Abbasiyah semakin
masa semakin lemah,
apalagi dengan sempitnya wilayah
kekuasaan Dinasti Abbasiyah
ini sangat menunjukkan betapa lemahnya
kekuatan politik Dinasti
Abbasiyah ini. Sebagaimana terlihat dalam periodisasi
khilafah Abbasiyah, masa kemunduran dimulai pada awal periode
kedua.
“Sejarah
Peradaban dan Pendidikan Islam di Masa Khulafaur Rosyidin”
Kata
khulafaur rosyidin itu berasal dari bahasa arab yang terdiri dari kata khulafa’
dan rasyidin. Khulafa’ itu menunjukkan banyak khalifah, bila satu
di sebut khalifah. Secara istilah berarti pemimpin yakni yang mengganti
kedudukan Rasulullah SAW sesudah wafat dalam hal melindungi agama dan siasat
(politik) keduniaan agar setiap orang menepati apa yang telah ditentukan oleh
batas-batasnya dalam melaksanakan hukum-hukum syari’at agama islam.
PEMBAHASAN
فصل
في شروط قصر الصلاة
“Qashar Shalat”
Oleh : Syaiful Anwar
Syaikh Abu Syujak Berkata :
فصل :
ويجوز للمسافر قصر الصلاة الرباعية بأربعة شرائط : أن يكون سفره في غير معصية.
Fashl : “Orang yang bepergian (Musaffir) boleh
meringkas sholat yang empat roka’at menjadi dua roka’at dengan empat syarat
yakni bepergian itu bukan untuk melakukan kemaksiatan”
PEMBAHASAN
فصل
في صلاة الجماعة
“Shalat Jama’ah”
Oleh : M. Irsyad
Syaikh Abu Syujak berkata :
فصل :
وصلات الجماعة سنة مؤكدة، وعلى المأموم أن ينوي الجماعة دون الإمام.
Fashl : “Shalat jama’ah itu hukumnya sunnah
muakkadah. Bagi makmum wajib niat berjama’ah, sedangkan bagi imam tidak wajib”.
PEMBAHASAN
فصل
في وخمسة أوقات لايصلي فيها إلاصلاة لها سبب
“Waktu yang dicegah untuk
Shalat”
Oleh : Nurul
Berkata
Syaikh Abu Syujak :
فصل :
وخمسة أوقات لايصلى فيها إلاصلاة لها سبب ، بعد صلاة الصبح حتى تغرب الشمس ، وعند
طلوعهاحتى تتكامل وترتفع قدر رمح ، وإذا استوت حتى
تزول ، وبعد العصر حتى تغرب الشمس ، وعند الغروب حتى
يتكامل غروبها
Fashl : “Ada 5 waktu yang seseorang tidak boleh
melaksanakan solat, selain ada sebab-sebab tertentu yakni: (1) setelah shalat
subuh hingga terbit matahari. (2) ketika terbit matahari hingga sempurna dan
kira-kira naik satu tombak. (3) ketika matahari erad di tengah-tengah langit
(persis di atas ubun-ubun) hingga tergelincir. (4) ketika terbenam matahari
hingga sempurna terbenamnya”.
PEMBAHASAN
فصل
والمتروك من الصلاة
“Sujud Syahwi”
Oleh : Zaenal Abidin
Syaikh Abu Syujak berkata :
فصل :
والمتروك من الصلاة ثلاثة أشياء : فرض وسنة وهيئة فالفرض لاينوب عنه سجود السهو،
بل إن ذكره والزمان قريب أتى به وبنى عليه وسجد للسهو.
“Hal-hal yang ditinggalkan dalam shalat
ada tiga macam, yaitu fardhu, sunnah, dan haiah. Maka yang fardhu tidak dapat
diganti dengan sujud syahwi, tetapi jika seseorang teringat terhadap fardhu
yang ditinggalkannya itu dan masanya baru sebentar, maka ia boleh mendatangi
fardhu yang tertinggal itu dan meneruskan shalatnya serta sujud syahwi”.
PEMBAHASAN
فصل
وركعات الصلوات
“Raka’at-raka’at Shalat”
Oleh : Non Muchlas
Berkata syekh abu sujak :
فصل :
وركعات الصلوات المفروضة سبع عشرة ركعة.
“rakaat shalat yang difardhukan adalah
tujuh belas raka’at”
Yang dikatakan oleh pengarang itu adalah apabila
shalatnya dilakukan dalam negeri dan bukan pada hari jumat. Jika hari jumat
berkurang dua rakaat, dan apabila shalat itu diqashar , berkurang empat rakaat
atau enam rakaat.perkataan pengarang “tujuh belas rakaat,” dan seterusnya itu
dapat diketahui kebenarannyadengan memikirkannya, dan tidak menimbulkan apa-apa
faedah.wallahu-a’lam.
PEMBAHASAN
فصل
في مبطلات الصلاة
“Hal-hal yang Membatalkan Shalat”
Berkata Syatkh Abu Syujak:
فصل : والذي تبطل به الصلاة أحد عشر شيئا :
الكلام العمد والعمل الكثير.
Fashl : yang
membatalkan shalat ada sebelas perkara: Pembicaraan yang disengaja, dan
pergerakan yang banyak.
Apabila seseorang musholli
berkata-kata dengan sengaja yang sesuai untuk di tujukan kepada anak adam,maka
batallah shalat nya, baik ia berkaitan dengan maslahat shalat atau
lainya,meskipun dengan suatu perkataan sekalipun,yaitu sebagaimana diriwayatkan
dari pada zaid bin arqam r.a, ia berkata: Pada suatu waktu, kami pernah
berkata-kata di dalam shalat,sehingga turun Firman Allah Ta’ala:
“BAB LI’AN”
"فصـــل في اللعــان"
Syaikh Abu
Syujak berkata :
﴿ فصل وإذا رمى الرجل زوجته بالزنا فعليه حد القذف، إلا أن يقيم البينة أو يلاعن،
فيقول عند الحاكم على المنبر في جماعة من المسلمين : "أشهد بالله إنني لمن
الصادقين فيما رميت به زوجتي فلانة من الزنا، وأن هذا الولد من زنا وليس مني" (أربع مرات) ، ويقول في الخامسة بعد أن يعظه الحاكم: وعلي
لعنة الله إن كنت من الكاذبين ﴾
[Apabila si lelaki menuduh isterinya berzina, maka wajib atas lelaki
dihukum qadhf, kecuali ia dapat mendatangkan saksi, atau meli’an dengan berkata
diatas mimbar yang berada disisi hakim dan dalam kumpulan orang Islam, “Saya
persaksikan kepada Allah bahwa saya benar terhadap tuduhan saya kepada isteri
saya fulanah, bahwa dia berzina, dan anak ini dari hasil zina bukan dari saya”.
Ungkapan tersebut diulangi sebanyak empat kali. Dan setelah hakim
menasehatinya, ungkapan yang kelima kalinya ia berkata, “Atasku laknat Allah
jika aku berdusta].